LOADING

"Seiring dengan maraknya globalisasi dan kemajuan teknologi, minat publik kepada seni dan hiburan juga semakin bertumbuh. Para pelaku bisnis di industri seni dan hiburan memerlukan pengetahuan dan keterampilan manajerial dalam menangkap peluang, melakukan perencanaan, mengorganisasikan sumber daya, melaksanakan program, dan melakukan evaluasi untuk terwujudnya suatu bisnis yang berkesinambungan. Kontribusi para pelaku bisnis seni dan hiburan yang tidak terbatas hanya dengan segi komersil saja, tetapi juga pada hal yang berkaitan dengan penumbuhkembangan talenta dan peningkatan apresiasi publik dan seni."

Deskripsi Kurikulum

Entertainment Business dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi peluang dan tantangan di industri seni dan hiburan. Program Studi yang berlangsung selama empat tahun ini akan melibatkan mahasiswa dalam proses pembelajaran yang intenstif dan komprehensif mengenai sisi bisnis seni dan hiburan. Berbagai aspek yang terkait dengan industri ini akan disampaikan dalam empat kelompok mata kuliah, yaitu bisnis seni dan hiburan, pemasaran, keuangan, dan subjek pendukung. Mahasiswa juga akan mempelajari mata kuliah umum dan memperluas pemahaman mereka mengenai disiplin lain melalui pilihan mata kuliah elektif.

Tugas yang diberikan kepada mahasiswa di sepanjang masa studi dtujukan untuk meningkatkan pemahaman mereka akan materi yang diajarkan. Bentuk tugas yang akan diberikan berupa pembahasan studi kasus, diskusi kelas, dan penulisan makalah untuk riset yang dilakukan oleh mereka. Disamping itu, ada penugasan khusus yang ditujukan untuk penerapan materi akademis dan mengembangkan kemampuan praktis, yaitu pembuatan laporan magang dan laporan proyek bisnis yang telah dilaksanakan.

Program Entertainment Business ini ditujukan untuk mahasiswa yang berminat untuk berkarier di bidang seni dan hiburan, baik sebagai karyawan maupun wiraswasta. Metode pengajaran akan mencakup penyampaian materi di kelas, praktik kerja, diskusi kelompok, dan penerapan Critical Action Learning yang menekankan pada pembelajaran berkelanjutan. Melalui metode ini, selain mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan subjek seni dan hiburan, mahasiswa juga diharapkan menjadi insan pembelajar yang kritis dan kreatif dalam mengembangkan gagasan-gagasan baru.

 

  • Course Highlight
    • Business Fundamentals
      Pengetahuan dan keterampilan dasar meliputi manajemen proyek, keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia dalam organisasi bisnis industri kreatif.
    • Enterpreneurship
      Pengetahuan mengenai bisnis model dan cara berpikir kreatif untuk melahirkan inovasi dalam segala aspek bisnis
    • Intellectual Property
      Pengetahuan mengenai penggunaan hak cipta dan perizinan yang terkait dengan perlindungan dan penggunaan karya-karya kreatif.
    • Business Project
      Tugas akhir mahasiswa dalam bentuk pelaksanaan bisnis industri kreatif untuk membentuk profesionalisme, memberikan pengalaman praktik, dan memperluas pengetahuan mahasiswa di dunia bisnis.
  • Class Offered
    • Management Principles
    • Entrepreneurship
    • Project Management
    • Organization Behavior
    • Marketing Management
    • Relationship Marketing
    • Experimental Marketing
    • Brand Management
    • Integrated Marketing Communications
    • Managerial Accounting
    • Financial Management
    • Introduction to Psychology
    • Introduction to Sociology
    • Introduction to Popular Culture
  • Career Path
    • Entrepreneur, Business Manager, Artist Manager, Booking Agent, Event Organizer, Recording Label Owner, Licensing Agent, Copyright/Royalties Manager, Promotion Manager, Social Media Strategies, Venue Manager, dan sebagainya.

 

Business Department
Entertainment Business